Apa itu E-mail?

Apakah kamu punya alamat e-mail? Tahukah kamu apa itu e-mail dan digunakan untuk apa sajakah e-mail itu? E-mail merupakan salah satu fasilitas di internet yang paling sering digunakan dan paling populer. Setiap orang yang sedang mengakses internet, pasti tidak lupa untuk membuka e-mailnya terlebih dahulu.

E-mail merupakan singkatan dari Elektronic Mail yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “surat elektronik”. E-mail berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan Internet. E-mail banyak digunakan karena mudah dikirim dan cepat sampai ke tujuan bahkan ke tujuan yang berjarak mencapai ribuan kilometer.

Jika kamu ingin mendaftar dan bergabung di facebook, twitter, blog, milis dan lain-lain maka kamu harus punya alamat e-mail. Adanya e-mail membuatmu memiliki alamat resmi di dunia maya. Semua pesan yang melalui jaringan internet akan ditujukan ke alamat e-mailmu itu. Selain pesan berupa tulisan, kamu juga dapat mengirim e-mail berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara. Dan kamu dapat membuka e-mailmu di mana saja dan kapan saja, asalkan terkoneksi dengan internet.

Oh iya, jika kamu ingin mengirimkan pesan ke temanmu melalui e-mail, maka temanmu itu harus memiliki alamat e-mail juga. Dan kamu juga harus bisa mengingat username dan password e-mailmu, ya. Karena jika kamu lupa, maka kamu akan kesulitan untuk bisa membuka e-mailmu.

Selain memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan surat biasa, e-mail juga mempunyai beberapa kekurangan. Jika kamu kurang hati-hati dalam menuliskan alamat e-mail yang akan di tuju, maka pesanmu itu akan salah masuk ke e-mail orang lain yang tak di kenal. Dan juga, e-mail sangat rawan untuk di sadap atau di curi data-datanya untuk digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk kepentingannya dan hal ini dapat merugikan si pemilik e-mail.

Oleh karena itu, setiap kamu mau keluar dari e-mailmu jangan lupa untuk meng-klik tombolsign out atau logout sebagai tanda bahwa kamu sudah selesai menggunakan e-mailmu. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan e-mailmu jika komputermu dipakai oleh banyak orang, atau di tempat umum seperti warnet (Warung Internet).

 

sumber: http://www.engineeringtown.com/kids/index.php/kamu-harus-tahu/234-apa-itu-e-mail-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s