Apa itu World Wide Web?

Apa yang kalian lakukan jika ingin mencari suatu informasi di internet? Pasti kalian sering mencari dengan menuliskan alamat sumber informasi itu dengan “www” diawalnya. Sebagai contohwww.engineeringtown.com. Nah, tahukah kalian apa kepanjangan dari www itu? Dan apakah sebenarnya www itu? Yuks kita cari tau…
World Wide Web atau WWW atau singkatnya web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian internet yang dapat diakses dengan software browser web. Browser web adalah software untuk menampilkan informasi dengan menerjemahkan perintah-perintah berbentuk tag HTML dari server web (komputer server penyimpanan dokumen–dokumen web). Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Beberapa software browser web yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera.
Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang mempunyai referensi dan link (hubungan ke dokumen lain atau mesin lain di jaringan internet) dan tersimpan dalam sebuah internet webserver. Link adalah teks yang biasanya berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan berpindah dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).
World Wide Web terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan internet.
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Saat ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).
Ilustrasi: ET

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s